Selasa, 12 November 2013

Accelerated Optimal Growth (AOG) dalam Kehidupan Kita Sehari-hari

   Dalam Ilmu silvikultur kita mengenal istilah SILVUKULTUR INTENSIF ( SILIN). SILIN kalau pengertian singkatnya yaitu.."Teknik Silvikultur yang memadukan ketiga pilar :  

  • Pemuliaan pohon 
  • Manipulasi lingkungan 
  • Pengendalian hama terpadu 
  
dengan begitu secara langsung berarti silvikultur intensif menggunakan konsep Accelerated Optimal Growth(AOG) yaitu suatu konsep pengelolaan hutan yang bertujuan meningkatkan kualitas hutan dengan menggunakan bibit pohon yang memiliki materi genetik unggul pd kondisi tumbuh (lingkungan) yg dibuat optimal serta pengendalian hama penyakit secara terpadu. 
Guna tercapainya suatu kualitas hutan yang baik maka ketiga aspek diatas tidak bisa dilepaskan satu sama lain karena merupakan satu kesatuan yang berkesinambungan dan saling mempengaruhi. maka bila ketiga aspek tersebut terpenuhi, kondisi tegakan hutan yang sehat,produktif dan lestari akan segera terwujud.
Begitulah kira2 salah satu point dari materi kuliah PKH kemaren..y walaupun masih banyak si materi2 yg di jelasin,masih ada permasalahan di kawasan APL (Areal Penggunaan Lain), Sistm Pengelolaan, dll. Tapi materi yang lumayan buat saya *sedikit memperhatikan ya pas pak dosen ngejelasin tentang AOG itu..
terus kenapa tertarik sama materi itu?? hmmm..mungkin selain karena istilah AOG yang saya baru dengar dan kedengaran keren juga karena perumpamaan yang di gunakan dosen buat nerangin materi itu cukup menarik, dan menggunakan contoh penerapanya pada kita sebagai Mahasiswa..
dan yang Beliau sang bapak dosen bilang adalah...(kurang lebih dan dalam bahasa saya)
     "Pemuliaan pohon..akan menghasilkan Bibit-bibit unggul (gk usah di jelasin lagi ya bibit unggul itu apa..udah pada pinter kan pembaca mah,jdi pasti tau...:) ) ya yang seperti kalian ini bibit-bibit unggul..saya yakin seyakin2 nya kalian disina minimal TOP 10 di sekolahnya masing2..benar bgitu?? (bukan hanya bener pak,bahkan saya yakin kebanyakan teman2 saya di kelas ini TOP 3 bahkan juara kelas di SMA nya masing2..) kalian telah di seleksi dari yang terbaik untuk masuk ke IPB ini dan karena itulah kalian adalah bibit2 unggul ( dan salah satu tahapan pemuliaan adalah seleksi,,jadi itu benar pak ). tapi walaupun kita memiliki sebaik apapn Bibit unggul,mau hasil rekayasa genetika ( GMO) sekalipun tanpa kondisi lingkungan yang baik hasilnya tidak akan pernah bagus..bibit bagus,tapi Agroklimate gak menadukung...gak di pupuk..gak di jarangi..dan gak ada perlakuan2 perbaikan kondisi lingkungan..maka gak akan menghasilkan tegakan yang bagus. Begitu juga dengan pengendalian hama..boleh kita punya bibit unggul, kualitas tempat tumbuh bagus..tapi gak ada perlakuan dan tindakan pengendalian hama dan penyakiit, maka tegakan yang sudah bagus akan rusak dalam sekejap..(bapaknya ngasih contoh tegakan jabon)...
         Maka begitu juga kita kawan..terlepas kalian semua TOP 10, TOP 3 atau juara kelas dikelas masing2 ataupun bukan..aku yakin seyakin-yakinya kalian semua adalah bibit2 unggul..bukankah waktu pelajaran BIOLOGI di SMA kita pernah di ajarkan untuk dapat membuahi sel telur..maka satu sel sperma harus berjuang dan bertarung dengan berjuta juta sel telur lainya...dengan begitu,bukankah  dengan begitu kita semua adalah terbaik..kita semua juara dan pemenang bukan..:)
masih kurang bukti kita ini semua terbaik?? bagai mana dengan Firman Allah yang menyatakan :
.Laqod holaqnal insaana fii ahsani taqwiim... "Sesungguhnya Kami telah
menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya
"...
         Buat kalian yang beruntung yang dapat melanjutkan kuliah apalagi teman2 ku semua di  Institut Pertanian Bogor (IPB) selain kalian bibit-bibit unggul, kalian semua sudah berada pada lingkungan/tempat tumbuh yang sangat luar biasa bagus..Word Class University..yang punya moto Saerching and Serving the Best. Luar biasa sekali bukan..jadi sekarang tinggal bagai mana kita akan tumbuh dan mengembangkan potensi yang kita punya..bagai mana kita bersungguh2 dan  bisa membentengi diri kita dari hal-hal negatif yang jadi "hama dan penyakit..terutama hama dan penyakit hati"..Malas,, pergaulan yang salah.. Narkotika.. buang jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh jauuuuuuuuuuuuuuuuuuh banget dari kehidupan kita..maka yakinlah kawan..kita akan menjadi pribadi2 yang hebat, tangguh, produktif dan berguna bagi orang2 yang kita cinta..keluarga..Almamater kita..juga Nusa dan Bangsa..
      Teruntuk kalian semua teman-ku yang gak bisa bersama kami di IPB ini..aku yakiin tempat kalian kuliah ataupun sekolah adalah pilihan terbaik buat kalian semua..mau itu PRODI pilihan pertama ke' kedua ke'..ketiga bahkan kesepuluh keseratus sekalipun..bukankah ALLAH selalu memberikan jalan yang terbaik buat hambanya??..:)
jadi aku mohon dengan sangat kepada diri saya pribadi, dan kepada kalian semua..Mari kawan kita semua bersungguh-sunguh..lebih semangaaaaaaaat dan bersungguh2 lagi..dengan begitu berarti kita menghargai Pengorbanan Orang tua kita yang telah bersusah payah bekerja keras dengan becucuran keringat dan air mata untuk kita..menghargai orang2 dan Instansi yang memberikan Beasiswa kepada kita (Buat yang beasiswa) dan yang terpenting dengan begitu berarti kita bersyukur atas kesempatan yang ALLAH berikan kepada kita..:)
Dan untuk kalian semua yang sudah bekerja..atau yang gak berkesempatan melanjutkan study kalian..bersungguh2 lah dengan potensi yang kalian miliki..bekerja dengan sungguh2..
aku yakin kita semua punya jalan dan pilihan masing2..asal kita yakin dan sungguh2 dengan apa yang menjadi pilihan kita..pandai2 bergaul dan memilih lingkungan yang baik..dan bisa membentengi diri kita dari hal2 yang negatif..yakinlah kita semua akan tumbuh menjadi tegakan2 yang baik,produktif dan lestariii..:)

terakhir dari saya...salam "ASIK" untuk kita semua..^_^

 Bogor, 13 November 2013
Syarif Izqhy Pratama    
(Nur Syarif)          
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar